Strategi Efektif Jualan di Facebook Supaya Dagangan Laris

Dedi Styawan

Tips Jualan Online di Facebook – Sebelum adanya berbagai media sosial seperti instagram, tiktok, twitter, dan sebagainya, facebook menjadi raja media sosial. Hampir semua orang yang mengenal teknologi menggunakan media sosial ciptaan Mark Zuckerberg ini. Baik anak muda, remaja, sampai orang dewasa beramai-ramai menggunakan facebook.

Dari web Katadata menyebutkan, berdasarkan data Internetworldstats, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 175,3 juta pada akhir Maret 2022. Angka tersebut setara dengan 63,4% dari total populasi yang mencapai 276,36 juta jiwa (estimasi 2022) atau 82% dari pengguna internet di tanah air. Hal ini mengungkapkan fakta bahwa pengguna jejaring sosial Facebook masih terbilang tinggi di Indonesia.

Fakta ini banyak dimanfaatkan oleh pebisnis untuk memasarkan produk dagangannya. Bahkan banyak orang membentuk komunitas untuk melakukan jual beli di facebook, yang lebih dikenal sebagai forum jual beli atau grup jual beli. Tak terbatas di situ, penjual juga bisa memposting secara mandiri di profil masing-masing.


Cara Posting Jualan di Facebook

Ketika kamu ingin melakukan penjualan di facebook, kamu harus mempersiapkan beberapa hal untuk mendukung itu semua. Sebenarnya, cukup mudah untuk berjualan di facebook. Kamu cukup mengunggah foto produkmu di timeline atau grup jual beli yang kamu ikuti. Kamu juga bisa menawarkan secara langsung pada teman-temanmu.

Kamu juga bisa membuat Fanspage atau halamanmu sendiri. Halaman itu khusus untuk mengunggah foto-foto produkmu atau konten yang relevan. Namun, jika kamu masih pemula kamu bisa menggunakan profil pribadimu untuk memasarkan produkmu. Yang harus kamu ingat ketika berjualan onlin, kamu harus konsisten dalam mengunggah dan memperbarui tokomu.

15 Tips Jualan di Facebook Agar Laris

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk optimasi toko kamu di facebook agar produkmu laris. Meskipun terlihat mudah, namun berjualan di facebook juga harus menggunakan strategi agar jualanmu laku keras. Inilah tips dan cara jualan di Facebook agar laris dan untung:

tips agar jualan laris di facebook

1. Gunakan Fitur Marketplace

Agar proses penawaran jualan kamu lebih efektif, gunakanlah fitur facebook marketplace. Kamu bisa menemukan menu ini di bagian kiri halaman ketika kamu log in ke facebook. Fitur ini disajikan dengan tampilan yang sederhana dan sangat mudah dimengerti. 

kamu bisa memberikan informasi mengenai produk daganganmu dengan lengkap seperti foto produk, deskripsi lengkap, harga produk, dan informasi lainnya seperti layananan ekspedisi, status ketersediaan barang dan lainnya. Dianjurkan menggunakan pembayaran COD untuk transaksi ini untuk mengurangi potensi penipuan.

2. Manfaatkan Grup Jual Beli

Tak hanya melalui fitur marketplace, kamu juga bisa memanfaatkan grup jual beli yang sangat banyak terdapat di facebook. Grup jual beli adalah sebuah grup yang diperuntukkan untuk menawarkan dan membeli dagangan antar pengguna facebook. Biasanya, grup ini berisikan anggota dengan hobi atau letak geografis yang sama.

Kamu bisa mendapatkan pembeli lebih cepat dengan mengunggah produkmu di grup jual beli. Apalagi jika grup tersebut sudah tersegmentasi. Misalnya, kamu ingin menjual onderdil atau suku cadang motor, maka kamu bisa menawarkan produkmu di grup jual beli kendaraan atau otomotif. Hal ini akan meningkatkan potensi pembelian karena kamu menawarkan pada kosumen dengan minat yang sama.

3. Gunakan Foto yang Menarik

Berjualan online berarti kamu memberikan kesempatan pelanggan melihat produkmu pertama kali hanya melalui foto yang kamu unggah. Hal ini dikarenakan sistem belanja online yang memungkinkan pembeli dan penjual bertransaksi melalui media online.

Gunakan foto yang menarik, baik secara kualitas, dan mengatur foto sedemikian rupa agar lebih menarik daripada foto biasa. Buatlah foto dengan pencahayaan, angle dan model (jika dibutuhkan) yang membuat orang tertarik membeli produk kamu.

4. Berikan Respons yang Baik

Ketika orang tertarik dengan produkmu, secara otomatis mereka akan menghubungimu untuk mencari tahu lebih banyak tentang produk yang kamu jual.  Ketika kamu mendapatkan pesan dari mereka, berikan respon yang baik.

Memberikan respon yang baik akan membuat pelanggan merasa dihargai. Sebaliknya, pelayanan yang buruk akan membuat pelanggan merasa disepelekan, dan pada akhirnya dapat berakibat mereka enggan membeli produk di tempat kamu. Jika sudah begitu, kamu yang nantinya akan merugi bukan?

5. Pelajari Copywriting

Copywriting adalah kata-kata yang digunakan untuk menarik perhatian dan bertujuan pembelian, copywriting harus dibuat semenarik mungkin agar audience penasaran dengan produk kamu. Copywriting berbeda dengan caption atau artikel biasa ya.

Untuk membuat copywriting yang baik, kamu harus mempelajari teknisnya. Meskipun terlihat mudah karena hampir semua orang pernah membuat caption untuk media sosialnya, membuat copywriting yang mengundang orang untuk mengenal lebih jauh tentang produk kamu.

6. Update Status yang Kreatif

Untuk menarik perhatian audience, selain dengan copywriting kamu juga harus membuat post sekreatif mungkin. Bisa dari tema, grafis, atau mengikuti trend yang sedang banyak dibicarakan saat itu juga.

Namun, kamu juga tetap harus menambahkan informasi yang berkaitan dengan produkmu agar audiens tetap mengingat apa yang sedang kamu tawarkan. Jangan terlalu kaku dalam membuat post untuk dapat menarik minat audiens.

7. Menambahkan Teman Tertarget

Dibandingkan menawarkan produk kamu secara acak, akan lebih efektif jika kamu menawarkan produk pada orang-orang tertarget. Namun bagaimana kamu bisa menawarkan mereka jika kamu sendiri tidak memiliki akses?

Jawabannya, mulailah menambah teman tertarget. Kamu bisa mulai menambah pertemanan pada orang-orang yang menaruh minat pada produkmu. Kamu bisa mendapatkan mereka dari grup jual beli yang banyak terdapat di Facebook. Kamu juga bisa menyimpan atau menambahkan pertemanan pada orang-orang yang tertarik pada produkmu.

8. Memanajemen Pertemanan

Maksud dari point ini adalah, kamu harus dapat memilih akun-akun yang akan kamu masukkan ke dalam friend list. Meskipun jumlah teman banyak, jika tidak sesuai dengan target marketmu maka penjualanmu tetap tidak akan maksimal.

Untuk itu, kamu harus memanajemen pertemanan. Kamu harus sering mengecek daftar pertemanan kamu. Kamu bisa mengurangi jumlah pertemanan jika terdapat banyak akun-akun yang tidak aktif atau tidak sesuai dengan target bisnis online mu.

9. Produk Berkualitas

Selain marketing yang baik, kamu juga harus menyeimbangkan dengan kualitas produk yang baik juga.  Produk berkualitas dapat menjadi kekuatan kamu untuk mempertahankan pelanggan dan mengangkat citra tokomu.

Kualitas produk tidak hanya menentukan kelangsungan usaha kamu. Meskipun memiliki harga yang lebih tinggi, orang akan cenderung memilih produk yang berkualitas daripada produk “abal-abal”, apalagi jika produkmu berhubungan dengan kesehatan.

10. Gambar dan Informasi Produk Jelas

Untuk mengurangi kesalahpahaman pelanggan dan mengurangi keluhan yang datang setelah pembelian, kamu harus memberikan gambar dan informasi produk yang jelas. Jangan gunakan foto yang telah dibagikan berkali-kali atau menggunakan foto beresolusi rendah karena akan menyebabkan foto menjadi “pecah”.

Tak hanya itu, kamu juga harus memberikan deskripsi yang jelas tentang produk kamu. Berikan informasi yang jelas agar pelanggan tidak merasa terjebak karena informasi yang kurang lengkap. Tak hanya itu, ketika pelanggan membandingkan produk tokomu dengan produk serupa di toko lain, mereka akan cenderung memilih produk dengan informasi yang lengkap.

11. Pelajari Target Pasar

Mempelajari target pasar sangat bermanfaat bagi usaha kamu. Dengan memahami target pasar kamu dapat memudahkan dalam merencanakan dan melakukan strategi marketing. Tak hanya itu, dengan memahami target pasar kamu dapat memberikan solusi atas kebutuhan konsumen.

Dengan mempelajari target pasar, kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan karena kamu telah mempromosikan dengan tepat pada orang yang tepat. Dengan mengetahui target pasar, kamu juga akan mendapatkan loyalitas dari pelanggan dan masih banyak lagi manfaat yang lain.

12. Analisa Kompetitor

Tak hanya memperhatikan pelanggan, kamu juga harus peka dalam memperhatikan kompetitor langsung maupun tidak langsung. Analisa kompetitor adalah pengumpulan data dan informasi terkait pesaing. Analisa ini dapat memberikan gambaran apa yang kompetitor kamu lakukan dan ancaman apa yang akan kamu hadapi.

Kompetitor adalah pihak yang memiliki usaha dengan produk atau jasa yang sejenis dengan kamu. Kamu bisa mengetahui posisimu di pasar dengan analisa kompetitor. Meskipun hal ini cukup sulit, tapi kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa dengan metode ini.

13. Buat Fanspage

Fanspage adalah halaman khusus yang disediakan di Facebook. Fanspage biasanya berisi tentang informasi-informasi yang hendak disampaikan oleh pemilik bisnis. Akun fanspage tidak hanya digunakan oleh toko online, tapi juga brand, perusahaan, lembaga pemerintahan, komunitas, organisasi dan sebagainya.

Fanspage berbeda dengan akun personal. Jika akun personal memerlukan persetujuan untuk berteman, pada akun fanspage pengguna hanya perlu klik tombol ikuti dan secara otomatis pemberitahuan dari akun fanspage tersebut akan muncul di beranda. Pengguna dapat menyukai, mengomentari, dan membagikan kiriman seperti halnya pada akun personal.

14. Bagikan Testimoni dari Pelanggan Anda

Testimoni adalah kesan pelanggan selama bertransaksi atau menggunakan produk kamu. Testimoni berisi tentang kesaksian tentang manfaat atau kesan selama menggunakan produk. Testimoni berbeda dengan review. Testimoni lebih detail tentang manfaat dan produk, sedangkan review lebih pada gambaran singkat mengenai gambaran singkat suatu produk atau jasa.

Manfaat testimoni yang utama adalah dapat membangun kepercayaan audiens terhadap suatu produk. Audiens akan lebih mempercayai content testimoni karena mereka penggunaan yang nyata dan dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka. 

15. Gunakan layanan Facebook ads

Dibandingkan dengan point-point sebelumnya yang dilakukan secara organik, menggunakan facebook ads akan lebih cepat memberikan hasil. Facebook ads adalah layanan berbayar dari facebook untuk menyebarluaskan kampanye dengan audiens tertarget.

Biaya yang harus dikeluarkan facebook ads bervariasi mulai dari 10rb rupiah per hari hingga jutaan rupiah tergantung pengaturan iklannya. Facebook ads dapat meningkatkan brand awareness. Untuk menjalankannya, terlebih dahulu kamu harus memiliki akun business manager.

Keuntungan Jualan di Facebook

Ada berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berjualan di facebook. Keuntungan jualan di facebook ada banyak sekali, sehingga kamu bisa mempertimbangkan untuk berjualan melalui media sosial ini. Apa saja keuntungannya?

  • Pembuatan akun facebook yang sangat mudah
  • Penggunaan fitur facebook cukup mudah, bahkan bagi pemula
  • Kualitas foto yang tidak terkompres
  • Lebih banyak ruang untuk menjelaskan produk
  • Tampilan yang tetap ramah dinikmati meskipun menggunakan banyak kata-kata
  • Durasi video yang lebih panjang
  • Facebook masih memiliki angka pengguna yang paling tinggi
  • Memiliki banyak fitur yang diperuntukkan bagi bisnis
  • Terdapat banyak forum jual beli umum maupun spesifik

Kerugian Jualan di Facebook

Selain keuntungan, berjualan di facebook juga memiliki kerugian. Kerugian berjualan di facebook juga harus kamu ketahui untuk mempertimbangkan berjualan melalui platform ini. Apa saja kerugian berjualan di facebook?

  • Penjualan hanya terbatas bagi pengguna facebook saja
  • Postingan cepat tenggelam karena banyaknya pengguna
  • Pembuatan akun business manager yang cenderung rumit
  • Banyak gangguan
  • Sering terjadi tindak penipuan
  • Anak muda yang banyak beralih ke media sosial yang lain

Itulah 15 Strategi efektif jualan di Facebook supaya dagangan laris yang bisa kamu ikuti ketika berjualan di facebook. Sebenarnya langkah-langkah tersebut cukup mudah dilakukan apabila kamu berniat dan bersungguh-sungguh dalam memulai berjualan di facebook. Jika kamu lakukan point-point di atas, produk kamu pun bisa laris dan untung.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menimbang keuntungan dan kerugian dalam jualan online di facebook. keuntungan dan kerugian yang kamu ketahui dapat menjadi dasar ketika kamu ingin menentukan strategi macam apa yang ingin kamu gunakan dalam berjualan online, apakah kamu hanya akan menggunakan facebook atau mengkolaborasikan dengan media yang lain.

Semoga tips jualan online di Facebook yang saya bagikan diatas dapat membatu kamu untuk memulai berjualan di Facebook dan meraup keuntungan